Jumat, 09 Desember 2011

Peringatan Hari Anti Korupsi


Ketua Baru “Harapan” Baru[i]
Oleh Dedi Prestiadi
Terpilihnya Abraham Samad sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru dapat menjadi penyejuk ditengah panasnya kasus korupsi di bangsa ini. Terlepas dari kontroversinya atas terpilihnya Abraham Samad menjadi orang nomer satu di KPK yang seolah menjadi kejutan karena Abraham Samad tidak terlalu difavoritkan untuk menduduki kursi panas di KPK patut kita percayai.
Terlepas dari itu semua, tentulah bukan sosok siapa yang yang pantas menduduki kursi panas tersebut, tetapi yang lebih penting yakni bagaimana pimpinan KPK yang baru mampu menjawab kepercayaan publik dengan memberikan bukti nyata dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Apalagi mendengar janji Abraham Samad yang terbilang berani ketika mengatakan dirinya bersedia mundur dari KPK jika selama satu tahun tidak bisa melakukan apa-apa. Sungguh pernyataan yang sangat berani mengingat kisah kelam perjalanan KPK yang terdahulu seolah “mlempem” menanggapi kasus-kasus besar seperti kasus bank Century ataupun kasus wisma atlet yang baru-baru ini ramai diperbincangkan.
Tentulah bukan perkara mudah untuk dapat menepati janji tersebut melihat kasus-kasus besar seperti diatas banyak menyeret para petinggi Negara bahkan marak dimedia jika kasus-kasus diatas banyak yang menyeret nama-nama yang sekarang duduk di cabinet Indonesia Bersatu jilid II. Apalagi kasus Bank Century yang terbilang berat karena sejarah mencatat jika gubernur BI pada saat itu adalah orang yang sekarang menjadi wakil presiden Indonesia saat ini.
Tetapi, apapun rintangan dan sesulit apapun kita layak untuk berfikir optimis dan memiliki harapan baru kepada Ketua KPK yang baru untuk dapat menyelesaikan kasus-kasus korupsi baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah . hal ini sangat penting seperti yang diungkapkan Komisi III DPR, Bambang Soesatyo mengatakan kasus kasus tersebut diatas menjasi salah satu kasus besar yang harus dituntaskan hal ini dimaksudkan untuk dapat mengukur kepercayaan publik kepada pimpinan KPK yang baru. Sekaligus sebagai jawaban atas harapan baru terhadap kinerja dari pimpinan KPK saat ini.



[i] Sebuah tulisan yang disampaikan kepada media online ketika peringatan hari anti korupsi internasional tanggal 9 Desember 2012.