Rabu, 25 April 2012

Kiat-Kiat Membaca yang baik


Tips memahami bacaan
Oleh: Dedi Prestiadi

Bagi saya pribadi membaca merupakan suatu keharusan. Terlepas dari status saya sebagai mahasiswa yang seolah mewajibkan untuk selalu aktif membaca. Menurut saya membaca merupakan suatu proses untuk memahami maksud atau makna dari teks yang kita baca atau sebuah cara untuk mendapatkan informasi melalui sebuah tulisan. Tetapi bagi saya pribadi atau mungkin bagi banyak orang membaca adalah hal yang sulit dan melelahkan, sehingga menyebabkan kita malas untuk membaca. Membaca yang baik adalah membaca sekaligus mampu mengerti dan memahami konteks yang kita baca. Hal inilah yang sulit dilakukan oleh kebanyakan pembaca. Terkadang kita seringkali lupa apa yang telah kita baca sebelumnya. Malah mungkin ada dari sebagian orang ketika membaca dan setelah beberapa jam membaca dia sudah lupa terhadap apa yang telah ia baca sebelumnya. karena memori ingatan kita seringkali lupa akan hal-hal yang berisfat baru maka di dalam membaca dibutuhkan pemahaman mendalam untuk menjadikan memori pada otak kita lebih kuat. Lantas bagaimana cara kita untuk dapat melakukan aktifitas membaca yang baik sehingga mampu dengan baik pula dalam memahami apa yang kita baca. Berikut saya berikan tips-tips dalam memahami bacaan. Saya mengambil dari pendapat Bobbi De Porter dan Mike Hernacki (1999:265). Dan beberapa cara untuk dapat memahami bacaan yang baik adalah:
1)      Jadilah Pembaca yang Aktif
Membaca bukan hanya sekedar untuk melihat huruf-huruf yang ada di dalam bahan bacaan. tetapi untuk dapat memahami bacaan yang baik maka diperlukan sifat aktif kita dalam membaca. Jangan terpaku dengan apa yang kita baca, cobalah untuk memberi respos dengan bertanya pada bahan bacaan misalnya dengan: Siapa?, Di mana?, Apa?, Mengapa?, Bagaimana?. Hal ini dimaksudkan ketika kita bertannya berarti kita telah memusatkan pikiran kita kedalam keadaan yang lebih menuntut, mengeluarkan gagasan dari teks atau seolah-olah kita telah menyedot habis isi bahan bacaan tersebut.
2)      Baca Gagasannya, Bukan Kata-katanya
Kata-kata yang digunakan oleh penulis adalah suatu cara yang digunakan untuk menyampaikan gagasannya. Dana satu-satunya cara supaya kita dapat mengerti apa yang dibaca adalah dengan membaca kata demi kata. Namun ketika kita membaca dan kata demi kata dan berusaha memahaminya secara tidak langsung akan membuat otak kita harus lebih keras dalam bekerja, karena harus berusaha mengartikannya. Membaca yang baik yakni berusaha membaca gagasannya, yakni melihat seluruh ungkapan, kalimat dan paragrafya. Dengan begitu maka membaca tidak akan terjebak pada sebuah kata-kata melainkan mampu memahami tiap kalimat yang kita baca.
3)      Libatkan Seluruh Indra Anda
Indra kita sangat penting untuk membantu kita memahami bahan bacaan. Misalnya indra penglihatan ataupaun indra pendengaran. Tanpa adanya indra tersebut maka kita akan kesulitan dalam memahami apa yang kita baca. Cobalah memanfaatkan indra pendengaran kita untuk memahami bahan bacaan caranya yakni dengan membaca secara lantang. Lalu jika buku itu milik kita maka libatkan indra kinestetik dan visual kita dengan menggaris bawahi hal-hal yang penting dengan stabilo berwarna atau yang lainnya. Hal ini dapat membantu memudahkan untuk menemukan konsep-konsep atau kata-kata inti dalam sebuah paragraf.
4)      Ciptakan Minat
Membaca merupakan aktifitas yang membosankan, oleh karena itu untuk dapat membaca kita perlu menciptakan minat untuk dapat membaca. Tanpa adanya minat maka membaca seolah dipaksakan atau kita seolah merasa tidak ikhlas dalam melakukan aktifitas tersebut, dan alhasil kita akan kesulitan dalam memahami bacaan. Ciptakaan minat untuk membaca secara menggebu lalu mulailah membaca dengan perasaan gembira hal tersebut akan memberi efek pada diri kita menjadi lebih baik lagi.
5)      Buat Peta Pikiran Bahan Bacaan Tersebut
Langkah terakhir yang dapat kita lakukan setelah membaca seluruh isi bacaan adalah dengan membuat peta pikiran bahan bacaan tersebut. Kita dapat membuat peta pikiran bahan bacaan dengan cara membuat judul-judul bab atau pembagian topik lainnya. Atau menurut Kyai saya di pesantren untuk dapat memahami bacaan dan mudah mengingatnya yakni dengan cara membuat sebuah skema atau bagan-bagan dari setiap poin-poin yang kiranya penting. Kemudian setelah skema tersebut jadi barulah kita membaca kembali secara detail untuk dingat-ingat. Dengan melakukan hal tersebut maka kita akan menjadi lebih mudah dalam memahami apa yang kita baca.
Demikianlah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk membantu kita memahami apa yang kita baca. Semoaga dengan adanya tips-tips tersebut akan lebih memudahkan kita dalam memahami sebuah teks yang kita baca. Dan yang terpenting adalah jangan pernah malas untuk  mengawali membaca, hal itu dapat dilakukan dengan membaca  kata-kata di awal sebuah teks. Karena dengan melakukan hal itu, maka akan dapat merangsang kita untuk mengetahui lebih jauh lagi apa yang ada dalam sebuah bacaan. Akhirnya saya selaku penulis mengucapkan selamat mencoba tips-tips diatas. Semoga bisa menjadi referensi bagi kita untuk meningkatkan kualitas membaca kita. membacalah untuk membuka gerbang cakrawala. Terima kasih. J
Pondok Pena/Purwokerto, 25 April 2012