Kamis, 14 Februari 2013

Belajar Sholat Khusyu'


Sholat merupakan ibada maghdhoh  yang wajib dilaksanakan oleh semua orang Islam. Kewajiban orang mu’min adalah senantiasa untuk melaksanakan perintah Allah SWT serta menjauhi segala larangannya. Sebagai salah satu rukun Islam Sholat merupakan kewajiban bagi mereka yang telah masuk masa baligh (Dewasa). Jika seorang muslim telah baligh maka hukumnya wajib untuk melaksanakan sholat dan jika ia meninggalkan sholat maka sudah pasti hukumnya adalah dosa. Namun yang sering menjadi persoalan adalah ketika sholat hanya di pandang sebagai ibadah formalitas saja, artinya seseorang hanya menjalankan sholat bukan semata-mata karena Ridha pada Allah SWT dan takut akan dosa-dosanya jika meninggalkan sholat melainkan sholat hanya dijadikan ibadah untuk menggurkan kewajiban saja. Alhasil dari peristiwa itu adalah seringkali kita melakukan ibadah Sholat namun tidak tercermin pada perilaku kita sehari-hari.
Padahal seharusnya melakukan ibadah sholat bukan hanya semata-mata hanya untuk menggugurkan kewajiban, namun lebih jauh dari itu, alangkah indahnya jika kita menjadikan sholat sebagai sarana bermunajat dan berinteraksi secara transendensi atau habluminallah yang dilaksanakan dengan rasa khusyu’ dan penuh dengan rasa tawakal. Seperti yang terdapat di dalam ayat Al-Qur’an (Al Mu’minun:1-2) di bawah ini:
ôs% yxn=øùr& tbqãZÏB÷sßJø9$# ÇÊÈ   tûïÏ%©!$# öNèd Îû öNÍkÍEŸx|¹ tbqãèϱ»yz ÇËÈ  
1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sholatnya,
Dari penggalan ayat Al Qur’an di atas dapat kita ambil hikmahnya, bahwasannya sebagai orang yang beriman kita senantiasa membiasakan untuk khusyu’ dalam sholatnya, karena beruntunglah orang-orang mampu melakukan sholat dengan khusyu’.
Mulailah bangun di pagi hari dengan diawali shalat dan malam harinya sebelum tidur di tutup pula dengan sholat. Insya Allah, hal itu akan mendatangkan berkah, jauh dari syaitan, hawa nafsu dan akan mendapatkan keridhaan Allah SWT. Shalat harus dilatih dari kecil sehingga ketika dewasa akan terbiasa untuk melaksanakan shalat. Sehingga kita tidak menjadi orang yang kufur karena meninggalkan sholat seperti Sabda Rasulullah SAW: Dari Jabir r.a berkata: “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya yang menjadikan penghalang antara seorang muslim dengan kekufuran adalah meninggalkan sholat” (HR Muslim).
Sebagai penutup marilah kita senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT khususnya sholat lima waktu setiap harinnya, mari kita contoh Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah meninggalkan sholat, meskipun beliau sudah dijamin masuk syurga. Sebagai umatnya sudah seharusnya kita mencontoh ketaqwaan beliau. Mari mulai dari sekarang kita perbaiki kualitas sholat kita, supaya kita tergolong menjadi orang-orang beriman yang beruntung, yakni orang-orang yang senantiasa khusyu’ dalam sholatnya. Wallahu’alam bi shawab. (Writer: Dedi Prestiadi, S.Pd.I/14/02/2013).